S Pink Premium Pointer

Kamis, 12 April 2018

CDM & PDM


MODUL PRAKTIKUM
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
 (CDM & PDM )





 




Oleh :
Nama    :         Gusti Ahmad Hafi
NIM    :                      A1317025






PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
POLITEKNIK NEGERI TANAH LAUT
PELAIHARI
2018

KATA PENGANTAR

              Segala puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang atas kasih dan penyertaan-Nya penulis dapat menyelesaikan penulisan laporan ini. Laporan ini merupakan hasil dari tugas praktikum bagi para mahasiswa, untuk mempelajari dan memahami perancangan untuk membangun suatu aplikasi. Penulisan laporan ini bertujuan untuk menumbuhkan proses belajar mandiri kepada mahasiswa, agar kreativitas dan penguasaan materi kuliah dapat optimal sesuai dengan yang diharapkan.
              Laporan ini disusun sebagai syarat Praktikum mata kuliah Basis Data. Semoga laporan ini dapat bermanfaat dan senantiasa menjadi pembelajaran untuk meraih prestasi yang gemilang. Kritik dan saran dari dosen pengajar mata kuliah dan juga teman-teman sangat penulis harapkan untuk perbaikan dan penyempurnaan dalam pembelajaran pada masa mendatang.








Pelaihari,11 Maret 2018



   Penulis


DAFTAR ISI
















DAFTAR TABEL





















DAFTAR GAMBAR






















BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Pengenalan Basis Data, DBMS dan RDBMS

Basis data (database) adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Database digunakan untuk menyimpan informasi atau data yang terintegrasi dengan baik didalam komputer.
Untuk mengelola database diperlukan suatu perangkat lunak yang disebut DBMS (Database Manangement System). DBMS merupakan suatu system perankat lunak yang memungkinkan user (pengguna) untuk membuat, memelihara, mengontrol dan mengakses database secara praktis dan efisien. Dengan DBMS user akan lebih mudah mengontrol dan memanipulasi data yang ada.
Sedangkan RDBMS atau Relationship Database Management System mrupakan salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel. Disamping RDBMS terdapat jenis DBMS lain misalnya Hierarchy DBMS, Object Oriented DBMS dan lainnya.

1.2 Istilah-Istilah Dalam Database

Beberapa istilah yang terdapat dalam database serta penjelasannya sebagai berikut :
1.    Table
Sebuah tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang doirganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik.
2.    Field
Field merupakan kolom dari sebuah table. Field memiliki ukuran type data tertentu yang menentukan bagaimana data nantinya tersimpan.
3.    Record
Record merupakan kumpulan nilai yang saling terkait.
4.    Key
Key merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya primary key, foreign key, composite key dan lainnya.
5.      SQL
SQL atau Structured Query Language merupakan suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses database. SQL sering disebut sebagai query.

1.3  Hierarki Database

Dalam konsep database, urutan atau hierarki database sangatlah penting. Urutan atau hierarki database digambarkan dalam gambar sebagai berikut :

1.4 MySQL

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL atau DBMS yang multithread, multiuser. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL) tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL. Tidak seperti PHP atau Apache yang merupakan software yang dikembangkan oleh komunitas umum dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial swedia yaitu MySQL AB. MySQL AB memegang penuh hak cipta hamper atas semua kode sumbernya. Kedua orang swedia dan asatu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah David Axmark, Allan Larsson dan Michael Minty Widenius.
Fitur-fitur yang ada pada MySQL antara lain :
1.        Relational Database System. Seperti halnya software database lain yang ada di pasaran, MySQL termasuk RDBMS.
2.        Arsitektur Client-Server. MySQL memiliki arsitektur client-server dimana server database MySQL terinstal di server. Client MySQL dapat berada dikomputer yang sama denga server dan dapat juga dikomputer lain yang berkomunikasi dengan server melalui jaringan bahkan internet.
3.        Mengenal perintah SQL standar. SQL (Structured Query Language) merupakan suatu bahasa standar yang berlaku di hamper semua software database. MySQL mendukung SQL versi SQL:2003
4.        Mendukung Sub Select. Mulai versi 4.1 MySQL telah mendukung select dalam select (sub select).
5.        Mendukung Views. MySQL mendukung views sejak versi 5.0
6.        Mendukung Stored Prosedured (SP). MySQL mendukung SP sejak versi 5.0
7.        Mendukung Tiggers. MySQL mendukung tigger pada versi 5.0 namun masih terbatas. Pengembangan MySQL berjanji akan meningkatkan kemampuan trigger pada versi 5.1
8.        Mendukung replication
9.        Mendukung transaksi
10.    Mendukung foreign key
11.    Tersedia fungsi GIS
12.    Free (bebas didownload)
13.    Stabil dan tangguh
14.    Fleksibel dengan berbagai pemrograman
15.    Security yang baik
16.    Dukungan dari banyak komunitas
17.    Perkembangn software yang cukup cepat

1.5  Aplikasi Yang Bisa Di Gunakan Untuk Membuat CDM dan PDM

1.      Visio
2.      Powerdesigner
3.      Astah


BAB II
PEMBAHASAN

2.1  CONCEPTUAL DATA MODEL (CDM)

Conceptual Data Model (CDM) atau model konsep data merupakan konsep yang berkaitan dengan pandangan pemakai terhadap data yang disimpan dalam basis data. CDM dibuat sudah dalam bentuk tabel-tabel tanpa tipe data yang menggambarkan relasi antar tabel untuk keperluan implementasi ke basis data. CDM merupakan hasil penjabaran lebih lanjut dari erd. Ada aturan-aturan yang harus diikuti dalam melakukan konversi ERD menjadi CDM. Berikut adalah simbol-simbol yang ada pada CDM :

Tabel 2.1 Simbol-simbol pada Conceptual Data Model
Symbol
Deskripsi
Entitas atau tabel
nama_tabel




Entitas atau tabel yang menyimpan data dalam basis data
Relasi
1..*
   nama relasi
1..*
Relasi antar tabel yang terdiri atas nama relasi dan multiplicity.

Aturan untuk mengubah ERD menjadi CDM secara umum adalah sebagai berikut:
Tabel 2.2 Aturan untuk mengubah ERD menjadi CDM
ERD
CDM


Entitas

User
PK
Username

Password

Nama

Hak_akses
Menjadi sebuah tabel tersendiri
Atribut multivalue

Menjadi sebuah tabel tersendiri dengan kunci primer (primary key) adalah kinci primer pada entitas dan memiliki atribut dengan nama seperti pada atribut entitas.

Relasi dengan kardinalitas many to many

Relasi
PK
Id_E1
PK
Id_E2

atribut_relasi

Menjadi sebuah tabel tersendiri dengan kunci primer adalah atribut yang menjadi kunci primer dikedua entitas yang direlasikan.

Relasi dengan kardinalitas one to many

Relasi
PK
Id_E1
PK
Id_E2



Kunci primer entitas yang memiliki hubungan one akan dijadikan kunci primer di entitas yang memiliki hubungan many dengan kata lain, relasi tidak menjadi tabel sendiri.

Relasi dengan kardinalitas one to one

Relasi
PK
Id_E1
PK
Id_E2


Kunci primer salah satu entitas akan dijadikan kunci asing (foreign key) pada table yang lain dan kunci asing itu dijadikan kunci primer juga, dengan kata lain relasi tidak menjadi tabel sendiri.




GAMBAR CDM MENGGUNAKAN POWERDESIGNER


Gambar 1.3.2 CDM








2.2 Physical Data Model (PDM)

Model relasional atau physical data model (PDM) adalah model yang menggunakan sejumlah tabel untuk menggambarkan data serta hubungan antara data. Setiap tabel mempunyai sejumlah kolom dimana setiap kolom memiliki nama yang unik beserta tipe datanya. PDM merupakan konsep yang menerangkan detail dari bagaimana data disimpan di dalam basis data. PDM sudah merupakan bentuk fisik perancangan basis data yang sudah siap diimplementasikan ke dalam DBMS sehingga nama tabel juga sudah merupakan nama asli tabel yang akan diimplementasikan ke dalam DBMS. Berikut adalah simbol-simbol yang ada PDM :

Tabel 2.3 Simbol-simbol pada Physical Data Model
Simbol
Deskripsi
Tabel
nama_tabel
Tabel yang menyimpan data dalam basis data.
Relasi
Relasi antar table yang terdiri dari persamaan antara primary key (kunci primer) table yang diacu dengan kunci yang menjadi referensi acuan di table lain.

DISINI GAMBAR PDM





 Gambar 1.3.3 PDM



Categories: , ,

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Copyright © SHARING TEKNOLOGI | Powered by Blogger

Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑